SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGASRI KEC. NGAWI KAB. NGAWI -- selengkapnya...

Artikel

MONITORING ASET DESA BERBASIS APLIKASI "SIPADES" INSPEKTORAT KABUPATEN NGAWI

13 Oktober 2022 10:59:20  Administrator  317 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangasri, SIPADES 2.0 Sistem Pengelolaan Aset Desa merupakan alat bantu Pemerintah Desa untuk pengadministrasian dan inventarisir aset desa berupa barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli Desa, dibeli atau diperoleh atas beban belanja anggaran pendapatan dan belanja Desa atau perolehan lainnya yang sah, berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. SIPADES 2.0 merupakan aplikasi yang resmi dari Pemerintah indonesia yang dikembangkan oleh Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan. Sipades 2.0 merupakan alat bantu Pengelola/ Pengurus Barang Milik Desa guna pengadministrasian dan inventarisasi aset Desa.

Pada Rabu, 12 Oktober 2022 pukul 13.15 WIB Inspektorat Kabupaten Ngawi dipimpin oleh Auditor Ahli Madya Sigit Mardiyanto,ST MM melakukan monitoring terkait Aset Desa berbasis Aplikasi atau SIPADES di desa Karangasri, dalam monitoring tersebut didampingi dari DPMD Kabupaten Ngawi Joko Susilo dan Kasidiyanto. Team monitoring yang berjumlah 6 orang menitikberatkan pada pembinaan atas penyelenggaraan dan Urusan Pemerintah Desa.

Dalam monitoring tersebut Operator Desa Karangasri menunjukan Aplikasi SIPADES DESA KARANGASRI kepada Team Monitoring, "masih banyak yang harus dibenahi dalam tata kelola Aset Desa, inventarisasi, serta labelisasi aset desa" salah satu anggota team memberikan evaluasi pembinaan kepada Operator Desa. 

Dalam penerapan SIPADES 2.0 di desa, Operator Desa mengalami beberapa kesulitan diantaranya semua data harus ada lampiran dokumen pendukung seperti RPJMDes, RKP, PERDES dan dokumen pendukung lainnya, ini menjadi kendala dikarenakan banyak aset desa yang perbelanjaannya tidak disertai dokumen-dokumen tersebut, kususnya untuk aset desa yang sudah berusia puluhan tahun. (demang01)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi No. 30
Desa : Karangasri
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : karangasri.pintar@ymail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:184
    Kemarin:498
    Total Pengunjung:137.512
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.86.235.207
    Browser:Tidak ditemukan