SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGASRI KEC. NGAWI KAB. NGAWI -- selengkapnya...

Artikel

Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam di Desa Karangasri. Bagian 1

27 Oktober 2022 12:08:45  Administrator  1.370 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangasri. Sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistim pemerintahan NKRI. Desa Karangasri yang sudah ada sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia 1945 merupakan desa yang sangat majemuk masyarakatnya, desa yang mempunyai karakteristik sendiri baik SUMBER DAYA MANUSIA maupun SUMBER DAYA ALAM nya, antara masyarakat yang masih memegang teguh adat dan budaya dengan masyarakat pendatang yang cenderung hidup modern atau masyarakat modern, hidup berdampingan dengan segala aturan atau kesepakatan yang disepakati dilingkungan tersebut atau lingkungan Dusun. 

SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA KARANGASRI

Sejarah Kepemimpinan Desa Karangasri atau LURAH yang sekarang disebut Kepala Desa.

1. Wongso Jodhi Kromo

2. Wongsorejo

3. Sumadi

Menjadi LURAH Desa Karangasri sebelum Kemerdekaan dan ke tiganya masih merupakan saudara dan menjadi cikal bakal berdirinya Desa WINOTO dan setelah Kemerdekaan Republik Indonesia berubah menjadi Desa KARANGASRI. (sumber informasi tahun 2014 dari Mbah SADIKUN 90 th yang masih kerabat)

4. HARJO WIYOTO (..….. s/d 1964)

5. DARMO SUWANDI (1964 s/d 1991)

6. SUPARI (1991 s/d 1999)

7. WARDIYO(1999 s/d 2007)

8. WIDODO (2007 s/d 2013)

9. HARYONO SEPUTRO, ST (2013 s/d Sekarang)

Tentunya dari Lurah atau Kepala Desa tersebut diatas mempunyai daya pemikiran atau pola pikir yang berbeda-beda, namun mempunyai tujuan yang sama ingin memberikan sebuah pengabdian yang terbaik untuk desanya. Informasi terkait sejarah dan profil para LURAH/ Kepala Desa Karangasri masih dalam tahap dirangkum/ disusun dalam buku SEJARAH DESA KARANGASRI.

 

Menjadikan Desa yang maju, desa yang berintegritas tidak bisa lepas dari potensi Sumber Daya Manusia (SDM) serta potensi Sumber Daya Alam (SDA). Desa Karangasri yang mempunyai POTENSI SDM yang sangat beragam mulai dari tersedianya jumlah tenaga kerja, Kualitas SDM, Budaya, dan Kaum Intelektual semuanya dimiliki oleh Desa Karangasri. Ditunjang juga oleh Perangkat Desa yang mempunyai Jenjang Pendidikan Tinggi menjadi dasar untuk mewujudkan Desa yang maju dan berintegritas.

 

Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa Karangasri

IMG-20221027-WA0009IMG-20221027-WA0014

Foto : Papan SOTK Pemerintah Desa Karangasri dan Struktur Kepengurusan BPD

Mitra Kerja Pemerintah Desa Karangasri BADAN PERMUSYAWARATAN DESA atau BPD yang merupakan sebuah Lembaga yang beranggotakan Perwakilan dari Lingkungan Masyarakat melalui pemilihan mempunyai kontribusi yang tidak sedikit dalam memberikan masukan atau pengawasan kepada Pemerintah Desa.

Sesuai dengan PERMENDAGRI NO. 110 2016 BPD mempunyai fungsi :

- membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa.

- menampung dan menyalurkan Aspirasi masyarakat.

- pengawasan Kinerja Kepala Desa.

 

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Karangasri

IMG_20221027_211704Foto : PKK Desa Karangasri

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga disingkat PKK sebuah organisasi kemasyarakatan yang memperdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan didesa mempunyai peran yang penting dalam membantu program-program Pemerintah Desa maupun program-program dari Pemerintah Daerah. Sebuah Prestasi yang sangat membanggakan dari PKK Desa Karangasri pada tahun 2019 mampu menyabet juara Pertama dalam lomba 10 Program Pokok PKK, Ketua PKK Desa Karangasri yang dijabat oleh DAMIATI HARYONO sejak tahun 2013 hingga sekarang senantiasa menerapkan kedisiplinan terhadap semua anggota PKK.

 

Organisasi Bidang Olahraga Pemerintah Desa Karangasri

IMG_20221027_211542 Foto : Karangasri FC

Organisasi dibidang olahraga juga turut serta mengisi perbendaharaan kegiatan olahraga di desa, khususnya sepak bola, yang menjadi kegiatan anak-anak pada kelompok umur dengan wadah SSB KARANGASRI FC. Demikian juga para remajanya secara rutin dan terjadwal berlatih dibawah naungan KARANGASRI FC. Sebuah sarana lapangan sepakbola yang sesuai standard nasional telah dibangun sejak 2017 dan hingga sekarang terus berbenah. Untuk mengingat sejarah desa lapangan tersebut diberi nama WINOTO HARJO oleh Kepala Desa Karangasri Haryono Seputro, ST.

 

Sumber Daya Manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai keunggulan atau hasil yang maksimal dalam persaingan yang kompetitif. Amanat UU Desa No. 6 tahun 2014 tentang Desa harus bisa diterjemahkan dan dilaksanakan dengan tranparans dan ini semua membutuhkan SDM yang mumpuni bagi Penyelenggara Pemerintahan Desa yaitu Perangkat Desa bersama Kepala Desa. (demang01)

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi No. 30
Desa : Karangasri
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : karangasri.pintar@ymail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:235
    Kemarin:174
    Total Pengunjung:142.044
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.99.209
    Browser:Tidak ditemukan