SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGASRI KEC. NGAWI KAB. NGAWI -- selengkapnya...

Artikel

Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Regsosek Di Desa Karangasri

08 Mei 2023 11:10:04  Administrator  305 Kali Dibaca  Berita Desa

karangasri.desa.id 8/5/2023. Dilaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Regsosek bertempat di Pendopo Kantor Desa Karangasri. Kepala Desa Karangasri menjadi fasilitator yang bertugas memandu kegiatan Forum Konsultasi Publik atau FKP pada hari ini. Bersama dengan Ibu Novita dan Ibu Martina sebagai asisten fasilitator, serta Ibu Alfiovitta yang bertugas sebagai administrator kegiatan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari, dimulai pada hari ini Senin, 8 Mei 2023 yang melibatkan 11 RT dari 54 RT yang ada di Desa Karangasri. Menindaklanjuti Pendataan Awal Regsosek 2022 yang telah dilaksanakan tanggal 15 Oktober-14 November 2022 terhadap seluruh keluarga di Indonesia, yang bertujuan untuk mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ektrem, integrasi program, dan menuju satu data Indonesia.

Kegiatan ini dilakukan karena masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk untuk menentukan target program pembangunan, serta belum terlaksananya kontrol kualitas data dan ketepatan waktu pemutakhiran data tersebut. Data hasil Pendataan Awal Regsosek akan dijadikan acuan pemerintah untuk menyusun dan melaksanakan program terkait sosial ekonomi.

Secara khusus, tujuan Regsosek adalah untuk menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat, sebagai rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi, dan untuk meningkatkan pelayanan publik.

Kegiatan Regsosek terbagi menjadi tiga bagian. Pertama verifikasi keluarga, kedua pendataan keluarga dan ketiga FKP.

Pelaksanaan FKP adalah bentuk perlibatan para Ketua RT dan pemerintah Desa untuk secara bersama memeriksa dan memverifikasi daftar keluarga hasil pendataan dalam pertemuan ini. Selain itu akan dilakukan konsultasi dengan tokoh komunitas wilayah desa Karangasri mengenai ketepatan hasil pemeringkatan kesejahteraan keluarga berdasarkan hasil pendataan awal. Output yang diharapkan dari pelaksanaan FKP adalah kesepakatan ketua/pengurus SLS/tokoh masyarakat mengenal tingkat kesejahteraan keluarga di masing-masing daerahnya.

Para Ketua RT dimohon memeriksa peringkat kesejahteraan keluarga pada daftar yang nanti akan dibagikan. Jika ada perbedaan antara hasil pendataan dengan kondisi nyata, Ketua RT dapat memberikan rekomendasi beserta catatan pada kolom yang telah disediakan. Rekomendasi tersebut akan menjadi perhatian kami pada pemutakhiran data yang akan datang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi No. 30
Desa : Karangasri
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : karangasri.pintar@ymail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:460
    Kemarin:513
    Total Pengunjung:149.933
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.220.65.61
    Browser:Mozilla 5.0