SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGASRI KEC. NGAWI KAB. NGAWI -- selengkapnya...

Artikel

NYADRAN

30 September 2022 18:31:45  Administrator  216 Kali Dibaca  Berita Desa

NYADRAN atau bersih desa atau sebutan lainnya merupakan budaya atau adat yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa ataupun masyakat perdusunan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta Alam ALLAH SWT. Dalam pelaksanaanya NYADRAN dilakukan dengan berbagai macam tradisi atau kegiatan sesuai dengan tradisi di lingkungan setempat. Tidak kita pungkiri NYADRAN dalam pelaksanaanya sudah mengalami sebuah perubahan disesuaikan dengan syariat agama. Khususnya agama Islam. Dalam kesempatan kali ini akan kami informasikan NYADRAN Di 2 (dua) Dusun yakni Dusun Dungus dan Dusun Nglarangan Desa Karangasri Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.

Dusun Dungus sebuah dusun yang berbatasan langsung dengan perkotaan Kabupaten Ngawi dengan Penduduk yang MAJEMUK. "Dengan kemajemukan warga dusun Dungus merupakan sebuah aset yang tak ternilai, sebuah pendapat atau buah pikiran yang berbeda, warga dusun Dungus mampu mengelola perbedaan tersebut dengan baik, sehingga sebuah tradisi khususnya NYADRAN bisa diterima dan dilaksanakan oleh warga Dusun Dungus dengan baik" ucap Advis Bangun Setyo Widodo. S.Pd Kasun Dungus. Tradisi NYADRAN tahun ini dilaksanakan hari Jum`at Pahing tanggal 15 Juli 2022. didahului dengan membersihkan lingkungan masing masing dilanjut dengan menguras sumber air (warga dusun menyebut dengan nguras sendang) dan sore harinya dilaksanakan Sodaqohan atau Bancakan dan Acara puncak dari NYADRAN didusun Dungus adalah Doa bersama dirumah Bpk KASUN DUNGUS.

Tak ubahnya dengan dusun yang lain,  Dusun Nglarangan juga melaksanakan NYADRAN atau bersih dusun. "Awalnya NYADRAN didusun Nglarangan sempat berhenti atau ditiadakan, semenjak Saya dipercaya warga dusun Nglarangan menjadi KASUN, Tradisi NYADRAN sebagai ungkapan syukur kepala ALLAH SWT saya adakan kembali..." ungkap Pak Kasun Nglarangan MARIYADI. Dengan cara melaksanakan do'a bersama secara serentak di masing-masing Mushola bakdo Maghrib yang berada di 22 RT. Segenap warga dusun NGLARANGAN memanjatkan do'a memohon keselamatan kepada ALLAH SWT. Dilanjutkan bersih bersih di 4 sumber mata air atau sendang yang ada di dusun NGLARANGAN.  

Banyak kesan dan Pesan di 2 dusun tersebut selama merayakan TRADISI NYADRAN, (demang01)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi No. 30
Desa : Karangasri
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : karangasri.pintar@ymail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:262
    Kemarin:174
    Total Pengunjung:142.071
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.99.209
    Browser:Tidak ditemukan