SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGASRI KEC. NGAWI KAB. NGAWI -- selengkapnya...

Artikel

DALANG POER MERIAHKAN NYADRAN DUSUN DUNGUS

08 Agustus 2023 10:20:11  Administrator  241 Kali Dibaca  Berita Desa

karangasri.desa.id 7/8/23. Nyadran didusun Dungus tahun ini dikemas sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, kali ini tiap tiap RT membuat gunungan yang berisikan sayur mayur, buah buahan, aneka makanan ringan serta bumbu dapur yang diarak sejauh 3 km, sebanyak kurang lebih 16 RT dari 3 RW ikut serta dalam perayaan tersebut.

Gunungan sendiri diartikan sebagai sebuah kemakmuran yang akan dibagi bagikan kepada semua orang yang hadir diacara tersebut, pun demikian sebelum isi gunungan itu dibagikan banyak warga yang berebut untuk memperoleh isi gunungan, filosofi berebut itu sendiri mengartikan bahwasanya bila ingin mendapatkan keberkahan rejeki orang harus bekerja tidak hanya menunggu pemberian dari orang lain.

Acara kirab gunungan dimulai sekitar pukul 16.15. WIB dari rumah KASUN DUNGUS menuju mata air atau SENDANG yang ada didusun tersebut, disela sela acara ADVIS BANGUN SW Kasun Dungus memberikan penjelasan, acara NYADRAN ini didahului dengan doa bersama dimasjid dilanjutkan pada pagi harinya dengan membersihkan mata air atau SENDANG yang ada didusun ini pada sore harinya diadakan kirab gunungan dan Sodakohan atau Bancakan ditempat tersebut sebagai rasa syukur kita kepada ALLAH SWT atas berkah yang telah diberikan kepada kita semua.

Budayawan Ngawi Dalang Poer dalam kesempatan ini ikut hadir memeriahkan NYADRAN DUSUN DUNGUS, beliau lahir dan besar di dusun ini, disela sela acara beliau menyanyikan lagu ciptaan beliau sendiri dan sempat hit kretek ngunengan "acara nyadran seperti ini mari berpikir positip saja seperti sumber air atau sendang, anak anak dijaman dulu sekitar tahun 80an banyak belajar berenang disini, demikian juga dengan Bancakan berbagi makanan ataupun bertukar makanan dapat mempererat tali persaudaraan dalam hidup bermasyarakat" ujar beliau. (demang01)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi No. 30
Desa : Karangasri
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : karangasri.pintar@ymail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:153
    Kemarin:301
    Total Pengunjung:145.415
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.139.104.214
    Browser:Mozilla 5.0