SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KARANGASRI -- selengkapnya...

Artikel

Potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam di Desa Karangasri. Bagian 3

01 November 2022 07:13:11  Administrator  56 Kali Dibaca  Berita Desa

Karangasri. Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pemanfaatan SDA harus dijaga agar kekayaan alam dapat dinikmati generasi-generasi yang akan datang. Di sebelah Barat dan sebagian sebelah Utara Desa Karangasri berbatasan dengan sungai Bengawan Madiun, yang membentang dari Dusun Dungus hingga Dusun Soko.

Sungai adalah Sumber Daya Alam berupa air tawar yang mempunyai manfaat, 

- sebagai sumber air

- sebagai sumber air untuk produksi pangan.

- tempat wisata

- mata pencarian masyarakat

- sebagai pendingin lingkungan. 

Sungai sebagai mata pencarian masyarakat adalah ketergantungan masyarakat terhadap sungai itu sebagai sandaran hidup, sungai dijadikan obyek untuk memperoleh penghasilan.

IMG_20221101_080525

Ekploitasi pasir sepanjang Aliran sungai Madiun di Dusun Dungus dan Dusun Soko sekitar tahun 1980an secara bebas dan tidak terkelola dengan baik mengakibatkan banyak kerusakan pada lingkungan maupun ekosistem disungai tersebut, ada 4 titik penambangan pasir di dusun Dungus yang mengakibatkan kerusakan pada tebing sungai maupun penurunan kedalaman sungai, demikian pula di Dusun Soko tebing-tebing sungai banyak yang longsor dikarenakan penambangan pasir yang tak terkelola dengan baik.

IMG_20221101_080435

Generasi sekarang hanya bisa melihat kerusakan kerusakan sungai, sudah tidak menjumpai GISIKAN atau hamparan pasir dibibir sungai ataupun ditengah sungai sebagai sarana bermain di musim kemarau. Tugas kita semua untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber air, memperbaiki ekosistem sungai dengan cara melarang keras penangkapan ikan dengan cara yang tidak benar misalkan dengan memberi racun atau istilah yang umum "ngobat sungai" dan melakukan penghijauan disepanjang bibir sungai.

Disepanjang aliran sungai Madiun ini yang melintasi Dusun Dungus dan Dusun Soko dibeberapa titik dijadikan sarana untuk tempat pemancingan, sebuah peluang yang sangat menjanjikan bila itu dikelola dengan baik untuk menjadikan sungai sebagai tempat wisata dengan menyajikan kuliner hasil dari sungai tersebut.(demang01)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Supriyadi No. 30
Desa : Karangasri
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : karangasri.pintar@ymail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:40
    Kemarin:201
    Total Pengunjung:10.628
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.72.180
    Browser:Tidak ditemukan